Berikut ini merupakan Cara Melakukan Pencarian Data di Google Tingkat Lanjutan.



FITUR PENCARIAN LANJUT
  1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah kata atau terminologi. Jika kita coba menggunakan fitur tersebut, misalnya mencari definisi dari computer, hasilnya nanti akan menampilkan definisi blogger dari berbagai sumber.
    define:computer
  2. CACHE: Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jadi andapun akan mengetahui kapan halaman anda terindex oleh mesin google. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata linux pada situs pcguru.okihelfiska.net yang ada di indeks Google.
    cache:belajarpc.com linux
  3. LINK: Berguna untuk menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs tertentu. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs belajarpc.info
    link:belajarpc.com
  4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
    related:belajarpc.com
  5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
    info:belajarpc.com
  6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk alamatnya. Misalnya kita akan mencari kata linux di situs pcguru.okihelfiska.net
    linux site:belajarpc.com
  7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian untuk suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dll. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword modul internet.
    modul internet filetype:pdf
  8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title tutorial photoshop. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
    allintitle:tutorial photoshop
  9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title tutorial dan isi halaman yang mengandung kata photoshop
    intitle:tutorial photoshop
  10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata tutorial dan photoshop. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
    allinurl:tutorial photoshop
  11. INURL:  Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata web dan isi halaman yang mengandung kata programming
    inurl:web programming
Untuk memaksimalkan hasil pencarian, anda dapat menggabungkan semua fitur pencarian yang ada pada google, kecuali beberapa fitur yang tidak bisa digabungkan dengan fitur lain.
Sebagai contoh penulisan :
filetype:doc site:www.ri.go.id –peraturan
Artinya kita melakukan pencarian file dengan type .doc pada situs www.ri.go.id tanpa mengikutkan kata peraturan.

Post a Comment

أحدث أقدم