Mengenal Sejarah Singkat HTML


Tahukan Anda bagaimana sejarah Bahasa HTML ? Dalam Pembuatan Buku Digital (Epub), kita nantinya akan mengenal tentang Bahasa HTML. Sebelum mempelajari tentang HTML, sebaiknya kita mengenal dahulu sejarahnya.

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).

HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).

PERKEMBANGAN HTML
HTML versi 1.0
HTML versi 1.0 ini memiliki kemampuan untuk menampilkan heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumen tanpa memperbolehkan menempatkan teks disekeliling gambar (wrapping).

HTML versi 2.0
HTML versi 2.0 ini menambahkan kemampuan untuk menampilkan sutu form pada dokumen. Versi ini merupakan cikal bakalnya sebuah homepage yang interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti tabel. Versi ini tidak bertahan lama. Segera digantikan dengan versi 3.2. HTML versi 3.0 juga dinamakan sebagai HTML +.

HTML versi 4.0
HTML versi 4.0 ini terdapat banyak sekali perubahan dan revisi. Perubahan ini terjadi hampir pada semua perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dll.
Kemudian lahirlah HTML versi 4.01 yang menjadi standar penulisan HTML sampai sekarang. Dan hampir semua jenis web browser mendukung terhadap HTML versi 4.01. HTML ini dikeluarkan secara resmi oleh W3C (World Wide Web Consortium).

HTML versi 5
HTML ini merupakan generasi berikutnya dari HTML. Tetapi belum menjadi standar resmi. Dikarenkan banyak web browser yang belum sepenuhnya mendukung penggunaan HTML 5.
Dukungan baru yang diusung oleh HTML 5 adalah : · Dukungan Video dan Audio tanpa tambahan plugin · Elemen baru seperti Artikel, Footer, Header, Navigasi, dll. · Kanvas untuk menggambar · Kontrol bentuk baru seperti kalender, tanggal, waktu, email, url dan search.

HTML Versions
VersionYear
HTML1991
HTML+1993
HTML 2.01995
HTML 3.21997
HTML 4.011999
XHTML 1.02000
HTML52012
XHTML52013

Post a Comment

Previous Post Next Post